Kamis, 07 April 2011

Evaluasi www.kpu.go.id

Tugas sebelumnya saya telah mengevalusasi www.istanabayi.com untuk saat ini saya mengevaluasi tentang www.kpu.go.id. Sebelum mengevaluasi website tersebut yaitu www.kpu.go.id saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada www.kpu.go.id  untuk mengevaluasi websitenya, jika merasa tersinggung saya minta maaf disini saya hanya memanfatkan ilmu yang saya dapatkan di matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Mungkin ini juga bisa sebagai masukan kepada www.kpu.go.id agar website lebih menarik. Dan ini juga untuk memenuhi tugas akhir matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK).
Halaman Utama website pemilihan komisi umum
 

Diatas adalah halaman utama pada www.kpu.go.id , yang harus dievaluasi pada webite tersebut yaitu :
  1.      Seharusnya memberi space untuk area banner yang sangat melekat dengan tempat pengetikan URL pada browser.
  2.     Sebaiknya memberi default pada Halaman Utama menandakan bahwa jika user berada pada Halaman Utama, begitu juga jika user mengunjungi menu KPU dalam Berita diberi penanda bahwa user pada halaman menu KPU dalam Berita. Begitu juga dengan menu lainnya.
  3.     Untuk design sudah menggunakan warna kontras , seharusnya judul berita jangan menggunakan warna merah sehingga pada website kurang menarik menurut saya juga warna ini orange dan merah jika dipadukan terkesan sangat mengganggu mata. Dan kalau bisa gunakan warna dengan panduan yang sangat padan.
Menu searching atau pencarian :


Sekarang saya membahas tentang fitur pencarian di www.kpu.go.id . Pada website ini terdapat 3 fitur pencarian yaitu:
1.      Pada menu atas “search” .
2.      Pada menu di sebelah kiri “pencarian”.
3.      Pada bagian kanan berupa texbox untuk memasukkan query pencarian
Fitur ini terlalu banyak digunakan website ini. Sebaiknya fitur ini diletakkan sebelah kanan berupa textbox dan beri tombol cari agar memudahkan user. Kemudian jika hasil tidak ditemukan tampilkan, tampilan sebagai berikut :
Dari tampilan diatas juga harus di evaluasi yaitu tombol search kalau bisa menggunakan bahasa indonesia dikarenakan website ini menggunakan bahasa indonesia agar website ini konsisten. Kemudian jangan menampilkan sedangkan kata kunci itu dimasukkan pada www.kpu.go.id bukan dari google. Dan saya juga tidak mengerti maksud dan tujuan pada . Jadi menurut saya tidak perlu ada untuk itu hindari agar user tidak bingung.
Sekarang saya akan memasukkan kata pencarian contohnya: pemili
Maksud dari pemili kan banyak bisa pemilik, pemilih, pemilis dan sebagainya atau juga maksud dari si user pemilu,  berikan validasi mungkin berupa dialog box atau kalimat yang memperingati user kata yang dimasukinnya salah.


6 komentar:

  1. mantap lailai riviewnya :D uda jelas banget nh kayaknya!! jgn lupa komen juga punya gw!!

    http://derwan.wordpress.com

    BalasHapus
  2. udah keren laila manja,, ilmu IMK nya terpakai semua kayaknya. he2..

    BalasHapus
  3. ajib bin mantaph dah...

    layla emang the best dah... g ada duanya di ILKOM X-4
    hahaha

    BalasHapus
  4. Lho, dibuat bersambung toh ? ya udah, komennya disini aja yang udah rame.
    Websitenya kayaknya memang butuh banyak perbaikan. Setidaknya tampilan banner diganti. Masa masih berkutat make banner 2009 ? Satu lagi yang fatal, kalau make joomla atau CMS, ya ga usah di pamerin. Diganti kan bisa :D (lihat aja di tab KPU, logo apa itu ?)

    BalasHapus
  5. maksih nice masukan saya tadi juga berpikiran agar banner juga diganti tapi kalau design mungkin maksud dari mereka lain. kan kalau pemilhan umum juga 4 tahun sekali. tapi mungkin itu juga masukan yang sangat bagus. nice masukan makasih agan...agan

    BalasHapus