Sabtu, 30 Oktober 2010

CLIPPING POLYGON


Clipping polygon Sutherland – Hodgman

Sutherland-Hodgman melakukan dengan kliping poligon subjek terhadap setiap sisi klip menghasilkan poligon subjek menengah. Walaupun kita belum melakukannya, algoritma Sutherland -Hodgman mudah meluas sampai 3 dimensi. 
Dan metode ini juga mempunyai ketentuan untuk menghasilkan clipping polygon yaitu:
Berikut contoh:

 
Hasil clipping polygon diatas:
Pemotongan yang dilakukan 
  1. Potong Kiri
  2. Potong Kanan
  3. Potong Atas
  4. Potong Bawah 
Pemotongan (clipping) Pada contoh diatas tidak melibatkan potong kanan dan potong bawah dikarenakan gambar diatas tidak terdapat objek dibawah dan kanan viewport.

untuk Clipping polygon Sutherland – Hodgman juga mempunyai cara hitung Intersection berikut rumusnya:

terlebih dahuhu asumsikan bahwa kita kliping tepi sebuah polgon dengan simpul di (x1, y1) dan (x2, y2) terhadap jendela klip dengan simpul di (xmin, ymin) dan (Xmax, ymax).

 Lokasi (IX, IY) dari tepi persimpangan dengan sisi kiri jendela adalah:
  1. IX = xmin IX = xmin
  2. IY = slope*(xmin-x1) + y1, where the slope = (y2-y1)/(x2-x1) IY = kemiringan * (xmin-x1) + y1, di mana kemiringan = (y2-y1) / (x2-x1)
Lokasi persimpangan tepi dengan sisi kanan jendela adalah:
  1. IX = xmax IX = Xmax
  2. IY = slope*(xmax-x1) + y1, where the slope = (y2-y1)/(x2-x1) IY = kemiringan * (Xmax-x1) + y1, di mana kemiringan = (y2-y1) / (x2-x1)
Perpotongan tepi poligon dengan sisi atas jendela adalah:
  1. IX = x1 + (ymax - y1) / slope IX = x1 + (ymax - y1) / lereng
  2. IY = ymax IY = ymax
Akhirnya, persimpangan tepi dengan sisi bawah jendela adalah:
  1. IX = x1 + (ymin - y1) / slope IX = x1 + (ymin - y1) / lereng
  2. IY = ymin IY = ymin 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar